Terkait Warga Sibanggor Dilarikan Ke RS, Ini Penjelasan PT SMGP

Terkait Warga Sibanggor Dilarikan Ke RS, Ini Penjelasan PT. SMGP

topmetro.news – Kembali terjadi untuk yang kesekian kalinya, warga Desa Sibanggor Julu dan Sibanggor Tonga kecamatan Puncak Sorik Marapi dilarikan ke Rumah Sakit yang ada di kota Panyabungan Kabupaten Mandailing natal (Madina) diduga karena terpapar Hidrogen Sulfida (H2S), Selasa (27/9/2022) malam.

Akan tetapi, peristiwa yang terjadi diperkirakan pukul 18.00 WIB, menyebabkan puluhan warga terdiri dari anak-anak dan orang dewasa di dua Desa yang ada di lingkungan kerja PT SMGP mengalami mual, muntah dan bahkan ada yang pingsan.

Bupati Madina HM Ja’far Sukhairi Nasution di dampingi Ketua DPRD Madina, Erwin Efendi Lubis, SH dan Wakil Bupati Madina, Atika Azmi Utammi Nasution yang langsung menjenguk warga yang mendapat perawatan medis di RSU Panyabungan dan RS Permata Madina. Sempat menegaskan bahwa karena sudah sering menyebabkan keresahan dan tidak memberikan rasa aman kepada warga. Izin PT SMGP ini harus di tinjau kembali dan operasionalnya harus dihentikan.

Sementara itu Manager Corporate Comunication PT SMGP, Yani Siskartika melalui pers relisnya, Rabu (28/09/2022) menjelaskan, PT SMGP melaksanakan kegiatan uji alir sumur T-11 pada 27 September 2022 dalam rangka persiapan Unit III. Kegiatan tersebut mulai jam 15.10 WIB dan berhenti sementara untuk penggantian oksigen pada alat pelindung diri (SCBA).

“Semua kegiatan telah sesuai prosedur yang berlaku, dan disaksikan tim dari Direktorat Jenderal EBTKE dan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Madina. Bekerja sama dengan Polres Madina, TNI, PAM Desa, Humas Lokal, aparat keamanan dan berbagai pihak lainnya,” ujarnya

Saat bersamaan, dilaporkan bahwa beberapa warga desa Sibanggor Julu dan Sibanggor Tonga mengeluhkan gejala kesehatan. 79 orang dibawa ke RSUD Panyabungan dan RS Permata Madina untuk mendapatkan pemeriksaan medis. Sedangkan beberapa warga lainnya dilaporkan mengungsi dari tempat tinggalnya.

“Saat ini, SMGP fokus pada penanganan dan bantuan bagi warga. Baik yang dirawat di rumah sakit, maupun dalam proses pengungsian. Dan PT SMGP berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan kepada masyarakat, termasuk bantuan kesehatan”.pungkasnya

Tambahnya, PT SMGP akan selalu mengutamakan keselamatan warga dan pekerja. Juga memastikan kondisi di wilayah kerja dan situasi pad T dan sekitarnya aman serta kondusif.

“PT SMGP akan terus melakukan pemantauan, dan bekerja sama dengan pemangku kepentingan setempat terkait rencana mitigasi secara menyeluruh,” bebernya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment